Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Bagian identitas

Kode unik

23310-24

Nama resmi

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Nama paralel

Nama lain

Tipe

  • Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota

Bagian kontak

 

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Klaten

Tipe

Alamat

Alamat

Jl. Lombok No. 2 Kanjengan Klaten

Lokalitas

Klaten

Regional

Jawa Tengah

Nama Negara

Indonesia

Kode pos

Telepon

322020

Faks

(0272) 322020

Catatan

Bagian deskripsi

Sejarah

Berdirinya Perpustakaan Umum Kabupaten Klaten bermula dari keinginan berbagai tokoh masyarakat yang menghendaki adanya tempat pusat pembelajaran bersama dan diskusi bagi masyarakat Klaten. Dari keinginan itu Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyarankan dengan Surat Nomor : 510/I.UM/1971 tanggal 27 Juli 1971 perihal saran pembentukan Dewan Perpustakaan Kota Kabupaten Klaten, sebagai Pembina Perpustakaan “Sasana Pustaka” Klaten.

Menangggapi saran dari Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta tersebut Bupati Klaten Soetijoso membentuk Dewan Perpustakaan Kabupaten Klaten dengan SK Nomor : II/066/S.K./Kdh/73 tanggal 20 Maret 1973 tetang Pembentukan Dewan Perpustakaan Kabupaten Klaten. Bertugas membina dan mengatur Perpustakaan Umum “Sasana Pustaka“ Kabupaten Klaten yang dijadikan perpustakaan induk Kabupaten Klaten.

Untuk menindak lanjuti keberadaan Perpustakaan Sasana Pustaka dalam menjalankan aktifitasnya kepada masyarakat, pada tanggal 28 Desember 1973 diadakan persetujuan bersama antara Bupati Klaten dengan Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta yang isinya adalah : Bupati Klaten menyanggupi mendirikan gedung Perpustakaan Umum milik Pemerintah Daerah yang beralamat Jalan Pramuka Nomor 3 beserta perlengkapan kantor. Sementara ini Lembaga Perpustakaan Departemen Pendidikan Jakarta akan menyediakan sejumlah buku-buku untuk koleksi diberikan 2.500 eksemplar, kemudian setiap tahun akan diberikan 20 persen dari jumlah koleksi.

Setelah terbentuknya Dewan Perpustakaan Kota Kabupaten Klaten, kemudian ditindak lanjuti oleh Bupati Klaten dengan SK Bupati Kepala Daerah Kabupaten Klaten Nomor :Ad.II/SK/KDH/078/II/75 tanggal 24 Pebruari 1975 didirikan Perpustakaan Umum “Sasana Pustaka“ berbentuk yayasan dengan akte notaris Nomor. 4 tertanggal 3 Maret 1975.

Untuk lebih memantapkan kedudukan dan fungsi Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan non formal, maka Pemerintah Kabupaten Klaten menetapkan Perda nomor 2 tahun 1996 tentang Perpustakaan Umum. Ketika itu kelembagaan masih di Sub Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Tingkat II Kabupaten Klaten.

Seiring dengan perkembangan Perpustakaan yang terus meningkat, Pemerintah Kabupaten mengeluarkan Perda nomor 18 Tahun 2001 tentang kelembagaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Umum. Dimana Perpustakaan Umum kedudukannya pada Seksi Pelayanan Perpustakaan.

Konteks geografis dan budaya

Mandat/sumber kewenangan

Struktur administrasi

Kebijakan mengenai Pengelolaan Arsip dan Penghimpunan

Gedung

Khazanah

Sarana temu balik, pedoman dan publikasi

Bagian akses

Waktu layanan

Persyaratan dan Kondisi Akses

Akses menuju lokasi

Bagian layanan

Layanan penelitian

Layanan reproduksi

Area publik

Bagian kontrol

Kode unik deskripsi

Kode unik lembaga

Aturan dan/atau konvensi yang digunakan

Status

Tingkat kedetilan

Tanggal pembuatan, revisi, dan penghapusan

Bahasa

Tulisan

Sumber

Catatan mengenai pemeliharaan

Jalur akses

Titik Akses

  • Kearsipan (Thematic area)

Kontak utama

Jl. Lombok No. 2 Kanjengan Klaten
Klaten, Jawa Tengah
ID